Home » » HATI HATI DENGAN HARGA BATU BATA / BATA MERAH MURAH

HATI HATI DENGAN HARGA BATU BATA / BATA MERAH MURAH

Posted by UD. ZAM ZAM
Genteng Beton Malang, Pabrik Genteng Beton, Genteng Beton Murah, Updated at: June 14, 2017

Dewasa ini banyak bermunculan batu bata alternative seperti bata ringan, batako dan bata putih, namun di Indonesia penggunaan batu bata merah masih belum tergantikan secara mutlak hal ini karena batu bata alternatif seperti bata ringan dan batako, ternyata tidak dapat menggeser existensi dari bata merah dari masyarakat kita
Bata Merah rapuh, Bata Merah Curang

Masyarakat lebih memilih menggunakan bata merah bukan tanpa alasan karena bata jenis ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah ketika cuaca panas dan suhu luar ruangan meningkat bata merah dapat menjaga suhu dalam ruangan menjadi lebih dingin atau adem di banding dengan bata alternative lain, ini desebabkan karena proses pembuatan bata merah melalui proses pembakaran terlebih dahulu, sehingga bata merah lebih diunggulkan dalam pembuatan bangunan.
Keunggulan bata merah menjadikan dia sebagai primadona di masyarakat, sehingga banyak permintaan terhadap bata jenis ini. Oleh karena itu usaha pembuatan bata merah ini menjanjikan keuntungan lebih bagi pelakunya dan berakibat munculah pengrajin-pengrajin bata merah baru.
Banyaknya pelaku produksi bata merah memunculkan persaingan pasar yang tidak sehat ditingkat produksi, mereka mengejar biaya produksi yang murah untuk menekan harga jual agar lebih rendah dari pesaing lain.
Salah satu kecurangan yang banyak dilakukan oleh para pembuta batu bata adalah dengan mencampurkan adonan tanah sekam padi, pencampuran ini memerlukan takaran khusus sehingga tanah dan sekam dapat menjadi satu.
Tujuan dari penambahan sekam padi pada adonan tanah tersebut adalah agar proses pembakaran menjadi lebih singkat, sehingga mengurangi bahan bakar kayu. Dengan cara ini para pembuat batu bata dapat memangkas biaya pembakaran. Disamping itu saat proses pembakaran sekam yang ada di dalam batu bata tersebut juga akan ikut terbakar, menjadikan proses pembakaran akan berlangsung dari luar dan juga dari dalam batu bata, karena dibakar dengan cara demikian maka proses pembakaran batu bata ini akan menjadi lebih singkat jika dibandingkan dengan proses pembakaran pada umumnya.
Hanya saja yang perlu diwaspadai dengan cara pembakaran seperti ini maka akan menurunkan kualitas dari batu bata tersebut. karena akan lebih mudah retak, mudah pecah, bahkan ada yang sangat mudah hancur, hal ini disebabkan ketika batu bata tersebut dibakar akan ada rongga-rongga yang akan ditinggalkan oleh bekas sekam padi yang telah terbakar, dab akan membuat batu bata yang dihasilkan menjadi lebih rapuh. Parahnya lagi ketika rongga-rongga yang ada di dalam batu bata sampai tersambung maka dapat dipastikan batu bata tersebut akan mudah patah.

Memang dengan cara pembakaran seperti ini akan menghasilkan tampilan yang warna orange batu bata yang lebih terang, lebih mencolok, dan lebih menarik, akan tetapi menurut pengalaman beberapa tukang yang sudah menggunakan batu bata jenis ini, mereka menganjurkan untuk menggunakan batu bata yang proses pembakarannya dilakukan secara normal karena itu akan lebih kuat, dan lebih tahan lama, meskipun tampilannya tidak begitu menarik.

Share This Post :

1 komentar:

  1. Hello this is kind of of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding know-how so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated! www.gmail.com login

    ReplyDelete

FACEBOOK

 
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design